Sunday, March 13, 2011

Citrun Zuur


Alias citric acid...



Bukannya gw mau bikin coctail (eh bener kan ya kalo mau bikin coctail buah itu pake citrun zuur?) tapi ternyata bubuk putih yang mirip penyedap rasa itu banyak manfaatnya... buat nyuci baju...

He kok bisa?

Gw juga kaga percaya seblom ngebuktiin sendiri.  Asal muasal citrun zuur dipake buat nyuci baju gw tau dari nyokap, entah dapet darimana itu tips ato nyoba-nyoba sendiri, auwalap...  tapi beneran bikin baju jadi bersih.

Jadi pas nyuci baju, campurin citrun zuur sama detergen, secukupnya aja sih citrun zuur-nya kaga usah banyak-banyak, tapi tergantung sebluwek apa juga sih pakean lo... Kalo abis dipake guling-guling di lumpur ato kelunturan kasih yang banyak, kalo pemakean normal ya dikit aja, paling cuma kena debu en kringet kan? lagian kringet kita ngga bakal mungkin se-lebaika kringetnya kuli Priok...

Ya udah gitu aja, rendem tu baju kesitu... slese... tinggal dibilas... Buat gw yang pemalas, ini berguna banget, secara gw cuma rendem setengah jam, trus bilas sekali di cairan favorit berlabel embel-embel ‘ultra’ itu... jemur dah...

Trus citrun zuur ini juga berguna buat ngebersihin bak kamar mandi, ember, wc, panci gosong-nya nyokap, bla bla bla... banyak. Sama aja caranya, rendem detergen campur citrun zuur, udah tinggal aja, ntar juga bersih sendiri... bak mandi ato wc-nya tinggal digosok dikit, kinclong dah... seru kan??

Gitu aja sih, cobain deh... 

*ternyata emang khasiat citrun zuur ini udah menyebar, gugling aja, bakal seabrek kok artikelnya... yah namanya juga gw, kaga seru kalo kaga telat... ya toh? (-.-")

No comments:

Post a Comment